Minggu, 17 November 2013

DIFERENSIASI SOSIAL

DIFERENSIASI SOSIAL


Diferensiasi merupakan perbedaan individu atau kelompok dalam masyarakat yang tidak menunjukkan adanya suatu tingkatan (hierarki)
Bentuk-bentuk diferensiasi meliputi:
*      Berdasarkan Ras
Pengelompokkan berdasarkan ciri fisik, seperti warna kulit, rambut, serta bentuk-bentuk bagian wajah. Secara garis besar Ras dibagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut:
  1. Ras Mongoloid (berkulit kuning kecoklatan)
  2. Ras Negroid (berkulit hitam)
  3. Ras Kaukasoid (berkulit putih)
*       Berdasarkan etnis
Masyarakat terdiri dari berbagai suku bangsa dengan kebudayaan dan bahasa masing- masing.Etnis dibedakan dalam karakteristik budayanya ( Bruce J. Cohen, 1988). Menurut C. Van Vollen Houvenjumlah suku bangsa di Indonesia ada 316 buah. Sedangkan menurut Dr. Koentjaraningrat skitar 119 buah.  Meskipun suku-suku bangsa berada ditempat yang berjauhan dan memiliki perbedaan, namun mereka memiliki dasar-dasar persamaan berikut.
  1. Dasar kehidupan sosial yang sama berdasarkan asas kekerabatan (kekeluargaan)
  2. Asas-asas yang sama dalam hak atas tanah (hak kepemilikan tanah)
  3. Asas-asas persamaan dalam hokum adat.
  4. Sama-sama memiliki suatu bentuk perserikatan dan bentuk hubungan yang tidak dibuat tetapi terjadi yaitu lembaga adat istiadat penduduk asli.
*      Berdasarkan Agama.
Menurut Emile Durkheim (1976), agama merupakan sistem kepercayaan besertaa prakteknya, berkenaan dengan hal-hal yang sakral yang menyatukan pengikutnya dalam suatu komunitas moral.  Dalam perkembangannya agama mempengaruhi masyarakat. sebaliknya masyarakat juga mempengaruhi agama sehingga terjadi sebuah interaksi yang dinamis.
*      Berdasarkan Gender
Gender merupakan cara perilaku bagi pria dan wanita yang sudah ditentukan oleh keduanya atau kodratnya yang kemudian menjadi bagian dari kepribadiannya.
            Peran gender, yaitu pola-pola sikapdan tingkah laku yang diharapkan masyarakat berdasarkan jenis kelamin, dibuat masyarakat, dan diturunkandari generasi ke generasi
*      Diferensiasi profesi
Merupakan pengelompokan masyarakat yang didasarkan pada jenis pekerjaan atau profesianya. Profesi dalam masyarakat sering disebut pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar